Total Tayangan Laman

Rabu, 18 Mei 2011

Asal Mula Nama INDONESIA



Istilah nama Indonesia terbentuk dari suku kata : Indonesia yang berasal dari kata latin yaitu ; India atau Hindus dan suku kata Nesia yang berasal dari kata Yunani ; Nesos, yang berarti Pulau, yang selanjutnya dapat diartikan sebagai negara kepulauan.:siga:


Yang menemukan nama Indonesia
adalah James Ricardson Logan seorang ahli hukum kelahiran Skotlandia, ia menerbitkan : The Journal Of Indian Archipelago and Eastern Asia pada tahun 1847. Dengan terbitnya karangan Rusel Jones di majalah Archipel 6, SECMI 1973, yang berjudul Ear Logan and Indonesia, maka tumbuhlah pengertian dan anggapan baru tentang nama Indonesia. Dalam buku karangan Rusel Jones, ia berhasil mengungkapkan jasa GSW Eart seorang ahli hukum inggris kelahiran London (1813-1865). Ia telah menjelajahi "The Eastern Seas" sampai Australia, telah menulis : On The Leand Characteristic Of The Papuan, Australia and Melayu Polynesia Nation (1850). diterbitkan dalam Journal J.R logan Volume IV. Sebelum GSW. Earl yang berjudul : Sepertu tersebut, orang-orang Hindu menyebut "Dunia Kepulauan" dengan nama Dwipantara. Oleh sarjana-sarjana Eropa khususnya para sarjana Inggris memberi nama "Dunia kepulauan" selalu dihubungkan dengan nama Hindia. Dwipantara atau Nusantara disebut juga dengan nama "Indian Archipelago", nama yang diciptakan oleh John Crawfued dalam bukunya History of The Indian Archipelago". John Crawfued telah memberikan perubahan menonjol karena telah dapat merubah sedikit kebiasaan lama untuk menanamkan daerah sebelah timur gangga dengan sebutan India beyond the ganges atau Ultra gangetic India yang merupakan pengaruh penamaan yang ditinggalkan oleh Ptolomeus seorang Alexandria. Kamudian timbul sebutan lagi, yaitu East India.

Selanjutnya Hirce St. John memakai istilah Indian Archipelago dalam bukunya yang berjudul The India Archipelago, Its History and Present State (1953). Juga J.H. Moore memakai dalam karyanya yang berjudul Notice Of The Indian Archipelago and Adjecent Countries (1837).

Pada tahun 1869 sarjana A.R Wallace menerbitkan buku berjudul Malayana Archipelago. Para sarjana Prancis seperti halnya Dr. Pichard dalam bukunya Phisycal Histoy of Mankind telah menggunakan sebutan malaisian untuk menamai orang-orang berkulit sawo matang yang mendiami wilayah dwipantara. Akhirnya lahirlah istilah malaysia archipelago sebagai bandingan terhadap istilah A.R. Wallace, sedangkan di kalangan sarjana Prancis tumbuh istilah Oceania et Malasia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar