Total Tayangan Laman

Rabu, 20 April 2011

Bilangan Prima Terbesar


Masih ingat definisi bilangan prima? Sejak di sekolah dasar kita sudah dikenalkan dengan bilangan prima. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor pembagi, yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contohnya: 2, 3, 5, 7,11,13,17,19 dan seterusnya sampai tak terhingga.

Lantas dapatkah kita menyebutkan bilangan prima terbesar? Barangkali pertanyaan ini belum pernah terlintas di benak para siswa sekolah maupun Gurunya. Tak usah khawatir, bilangan terbesar di dunia baru-baru ini sudah ditemukan, atau paling tidak untuk saat ini. Mudah-mudahan ini sebagai pelecut putra-putri Indonesia untuk menemukan bilangan prima selanjutnya melebihi yang sudah ditemukan oleh para pecinta matematika di Universitas California Los Angeles ini.

Pecinta matematika di Universitas California di Los Angeles (UCLA), berhasil mengungkapkan bilangan prima terbesar yang berhasil dihitung sejauh ini. Sulit memang untuk menyebutkan maupun menuliskannya karena bilangan tersebut terdiri dari 13 juta digit atau angka.

Untuk menghitungnya tidak mudah karena yang harus dicari adalah bilangan prima Mersenne yang pertama kali diperkenalkan matematikawan dari Perancis Marin Mersenne pada abad ke-17. Bilangan tersebut didefiniskan sebagai hasil dari 2 pangkat P dikurangi 1 dengan P yang juga bilangan prima.

Bilangan yang ditemukan itu dengan nilai P sebesar 43.112.609. Angka yang baru ditemukan merupakan bilangan prima Mersenne ke-46. Tim UCLA sudah menemukan delapan bilangan prima Mersenne dengan jutaan digit. Untuk menghitungnya digunakan jaringan 75 komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP. Bilangan tersebut telah diverifikasi sebagai bilangan prima dengan algoritma berbeda.

“Kami sangat senang. Sekarang kami sedang berusaha mencari bilangan berikutnya, meski aneh,” ujar Edson Smith, ketua tim dari UCLA. Upaya timnya mencari bilangan prima terbesar tak sia-sia karena keberhasilannya diganjar 100.000 dollar AS oleh Electronic Frontier Foundation yang menjadikannya sebagai kompetisi Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

Ribuan orang di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam ajang tersebut. Lomba tersebut mengajak para pecinta matematika di seluruh dunia menggunakan kekuatan komputer untuk menghitung bilangan prima Mersenne yang minimal terdiri dari 10 juta digit.

Nah, keren bukan??? Sekarang Hari juga sedang berusaha untuk menemukan bilangan prima terbesar berikutnya, hehehe...
Ayo, kalian juga jangan mau kalah, buat Indonesia bangga pada kalian...
sekian dari Hari, semoga bermanfaat. :D

1 komentar:

  1. Aku yakin, suatu saat aku pasti bisa menemukan bilangan prima terbesar berikutnya... hahahaa...

    BalasHapus